Alhamdulillah setidaknya sudah bisa komunikasi lagi, entah sudah dimaafkan atau belum. but at least, She’s in good condition ūüôā

Advertisements

What is love??

Judul di atas kalo diterjemahin ke bahasa indonesia temen-temen pasti tau kan??yap, apa itu cinta, kurang lebih seperti itu. Kenapa tiba-tiba jadi nulis hal-hal berbau percintaan gini yaa??bisa dibilang lagi galau bisa juga sih. Kalo di lagunya Afgan ada lirik yang pas banget nih,

“kau buat aku bimbang, kau buat aku gelisah,ingin rasanya kau jadi milikku..”

manusiawi kan kalo cowo galau, lagi terjangkit virus yang lagi mewabah nih.

yak, langsung aja balik sesuai judul di atas. apa sih itu cinta?pertanyaan ini kalo ditanya ke subjek yang berbeda jawabannya juga bisa berbeda. Pada dasarnya cinta itu memiliki tiga aspek pokok, yaitu menerima, menghargai, dan membuat senang. Tiga hal tersebut harus ada jika kita ingin mencintai sesuatu.

Kita ambil contoh saat kita hendak mencintai lawan jenis, kita sebelumnya harus bisa menerima seperti apa sih dia itu. Jika saja masih ada hal yang tidak bisa kita terima berarti dapat disimpulkan kita belum bisa beranjak ke tingkat cinta. Namun jika kita sudah bisa menerimanya tanpa terkecuali berarti satu aspek cinta sudah terpenuhi.

Kedua adalah menghargai, setelah kita bisa menerima kita juga harus bisa menghargai tentang segala sesuatunya. Menghargai juga dapat membuat kita akan lebih menerima akan segala sesuatu yang mungkin menjadi kekurangan sebelumnya.

Yang terakhir adalah membuat senang. Pada dasarnya cinta itu ingin mambuat senang, tak ada sedikitpun hal yang ingin dilakukan selain ingin membuat pasangannya senang. Tentunya semua yang dilakukan ini dalam hal yang positif. Kesenangan yang tidak merusak satu sama lainnya.

Cinta merupakan anugerah dari Tuhan untuk manusia. Anugerah berupa cinta manusia kepada Tuhan nya, cinta Tuhan kepada manusia maupun cinta manusia kepada manusia. Cinta merupakan anugerah yang tak ternilai harganya dan itu di berikan kepada makhluk yang paling sempurna, manusia. Cinta tidak dapat diucapkan dengan kata-kata, tidak dapat dideskripsikan dengan bahasa apaun. Cinta hanya bisa dibaca dengan bahasa cinta dan juga dengan perasaan. Cinta adalah perasaan yang universal, tak mengenal gender, usia, suku ataupun ras. MySpace

Ayo Makan Tempe

Tempe??

Apa sih itu? kalo kata anak2 jaman sekarang alay banget ya kalo sampe gag tau apa itu tempe. Tempe adalah salah satu makanan yang memiliki bahan dasar kacang kedelai (soy bean). Sebenernya bukan cuma tempe yang berasal dari kacang kedelai, masih ada tahu, oncom sama ada juga susu kacang kedelai. Tapi yang kayaknya sudah menjadi ikon ya tempe ini.

Beberapa anak2 di jaman sekarang kalo misalnya melihat di meja makan dan cuma ada tempe pasti langsung protes kok lagi2 makannya pake tempe sih, emangnya gag ada yang lain apa. Seiring perkembangan jaman, semakin berkembang pula jenis2 makanan yang tersedia di pasaran untuk dikonsumsi. Ada yang sehat dan ada juga yang malah bikin sakit kalo dikonsumsi terlalu banyak. Kembali ke awal, padahal kalo aja kita tau manfaat dari tempe itu banyak banget. Tempe yang berbahan baku kedelai tentunya memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan kedelai itu sendiri. Kedelai mengandung Isoflavone yang dipercaya mampu menghambat perkembangan sel kanker. Salah satu kanker yang dapat dicegah adalah kanker prostat yang banyak diderita oleh para lelaki.MySpace

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Penyakit ini terjadi ketika sel prostat mengalami penyimpangan dan mulai berkembang di luar kendali. Seperti halnya penyakit kanker yang lain, sel tersebut dapat menyebar dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan limfa. Beberapa gejala yang diakibatkannya antara lain rasa sakit, kesulitan buang air kecil, hingga disfungsi erektil. Di samping faktor usia dan genetik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan adalah salah satu faktor utama penyebab insiden kanker prostat. Pria dengan kadar asam lemak omega 6 dan lemak trans yang tinggi lebih berisiko terserang kanker prostat. Sebaliknya, makanan yang kaya asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin D dan selenium bermanfaat untuk menurunkan risikonya.

Untuk mencegah penyakit ini salah satu bahan pangan yang paling efektif adalah yang berbahan baku kedelai. Penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Cancer Research menemukan bahwa kedelai terbukti dapat menghentikan penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh lain. Peneliti menemukan bahwa genistein, salah satu jenis isoflavone pada kedelai, mampu menurunkan penyebaran sel kanker ke paru-paru hingga 96 persen. The Louis Warschaw Prostate Cancer Center di California merekomendasikan konsumsi 35 hingga 40 g protein kedelai setiap hari.

Masih banyak lagi kandungan dari tempe, diantaranya adalah vitamin yang larut dalam air  seperti (vitamin B kompleks) dan larut lemak (vitamin A, D, E, dan K). Tempe juga merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Jenis vitamin B pada tempe yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niasin), vitamin B6 (piridoksin), dan B12 (sianokobalamin). Selain itu, tempe mengandung mineral makro dan mikro dalam jumlah yang cukup. Jumlah mineral besi, tembaga, dan zink berturut-turut adalah 9,39; 2,87; dan 8,05 mg setiap 100 g tempe. Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.MySpace

Nah sekarang sudah tau kan manfaat dari tempe dan makanan lain yang berbahan dasar kedelai. Jadi sekarang sudah saatnya untuk kita membanggakan makanan ini karena kaya akan manfaat.MySpace

Atlantis = Indonesia ??!!

..dan di sana ada sebuah pulau yang terletak di depan selat-selat yang kau sebut sebagai pilar-pilar Herkules. Pulau ini lebih besar daripada gabungan Libya dan Asia, dan merupakan jalan ke pulau-pulau lain; dan dari pulau-pulau ini, Anda dapat melintas ke seluruh benua yang berhadapan yang mengelilingi Samudera yang Sesungguhnya. Karena laut ini, yang berada di dalam selat-selat Herkules, hanyalah sebuah jalan masuk yang sempit. Tapi yang satu lagi adalah laut sebenarnya dan tanah yang mengelilinginya mungkin yang benar-benar disebut benua tanpa batas.

Adakah yang tahu siapa penulis naskah teks di atas??Kahlil Gibran kah??atau Victor Hugo, atau bahkan mungkin seorang J.K. Rowling??
Kalau sempat terpikir salah satu dari ketiga orang tersebut, jawabannya kurang tepat. Naskah di atas dikutip dari Timeaus karya Plato (lahir sekitar 427 SM¬†– meninggal sekitar 347 SM) adalah filsuf¬†Yunani yang sangat berpengaruh, murid Socrates¬†dan guru dari Aristoteles. Potongan naskah di atas digunakan oleh Profesor Santos seorang pakar nuklir dan seorang juga seorang peneliti sebagai asumsi dasar indikator ciri utama geografis “Benua Yang Tenggelam”, Atlantis.

Lebih dari 30 tahun, Profesor yang bernama lengkap Arysio Nunes dos Santos ini meneliti legenda tentang “Benua Yang Tenggelam” ini. Selama itu pula, ia mengungkapkan 33 perbandingan yang menyangkut luas wilayah, cuaca, gunung berapi, hingga cara bertani yang dilakukan oleh masyarakat Atlantis. Semua penelusuran itu membawanya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa lokasi “Surga Yang Punah” itu ternyata ada di Indonesia.MySpace

Sejauh ini Indonesia merupakan tempat yang belum pernah dinyatakan sebagai lokasi Atlantis. Pulau-pulau di Indonesia yang jumlahnya banyak dan tersebar, sebenarnya adalah dataran-dataran tinggi dan juga puncak-puncak gunung yang tersisa waktu datarn-dataran rendahnya tenggelam pada akhir zaman es. Ini terjadi saat permukaan laut di seluruh dunia naik setinggi hingga 150 meter.

Hal yang membuat Profesor Santos beranggapan bahwa lokasi Atlantis itu di Indonesia adalah berdasarkan naskah di atas. Profesor Santos menyarikan ciri dan data geografis Plato akan Atlantis menjadi empat : Dua Pilar (selat), Pulau Atlantis ( Lebih besar daripada Asia+Libya), banyak pulau di Samudera Sesungguhnya, dan Benua Luar di Depan (Benua Sesungguhnya). Sebelumnya banyak hipotesis yang telah dibuat oleh para penulis lain akan lokasi Atlantis, mulai dari Kuba dan Karibia; Siprus, Kreta, Malta, Syrtis; sampai Antartika dan Arktik. Namun lokasi-lokasi tersebut masih dipertanyakan jika dilihat dari empat ciri geografis Atlantis yang disimpulkan oleh Profesor Santos. Menurutnya Indonesia lah (Paparan Sunda) yang lebih tepat berdasarkan ciri utama letak geografis Atlantis yang dituliskan oleh Plato.

Pindar, seorang filsuf dan juga penyair pra-Plato membuat beberapa rujukan lain tentang pilar-pilar Herkules dan lidah-lidah pantainya yang tak dapat dilalui dalam syair-syairnya, dan juga sumber-sumber kuno lainnya. Lidah-lidah pantai berpasir atau berawa-rawa itu dalam Argonautica karya Apollonius dari Rhodes disebut dengan istilah rawa-rawa Tritonia. Hal itu tercatat juga dalam beberapa naskah kuno dan ini berasal dari masa jauh sebelum kemunculan cerita Plato tentang Atlantis. Menurut Profesor Santos dengan keyakinannya, laut-laut yang dipenuhi lidah pantai berawa dan danau pinggir laut itu ada di Indonesia, menjadi bagian dari Samudera Pasifik yang dulu diyakini menyatu dengan yang kni kita sebut Samudera Atlantik. Keyakinan ini sekaligus meruntuhkan hipotesis sebelumnya bahwa pilar-pilar Herkules yang sesungguhnya adalah Selat Gibraltar. Penelitian panjang Profesor Santos membawa pada penemuan lain bahwa pilar-pilar Herkules adalah Selat Sunda. Lokasi Indonesia dan Paparan Sunda yang dua pilarnya ada di Selat Sunda, selat sempit dari Samudera (Hindia) menuju Indonesia yang kini setengah tenggelam, sebelumnya adalah merupakan benua yang sangat luas.

Pulau-pulau di Indonesia yang setengah tenggelam dan sangat luas tersebut membentuk lidah-lidah pantai berawa yang tidak dapat dilalui. Selain itu, banyak pulau yang bagaikan surga di perjalanan; Kepulauan Indonesia sendiri, Malenesia, Mikronesia dan Polinesia. Terakhir, “Benua Luar” yang berada di luar dan depan wilayah ini adalah Amerika. Begitu pula selat sempit yang dibicarakan di sini, Selat Sunda, benar-benar terbuka karena letusan hebat gunung super berapi, Gunung Krakatau. Dua pilar Herkules dapat disamakan dengan dua gunung berapi yang mengapit Selat Sunda ; Gunung Krakatau dan Gunung Dempo. Yang satu gunung tinggi dan yang satunya kaldera gunung berapi raksasa yang sangat mirip dengan fitur-fitur seperti Scylla dan Charybdis atau Calpe dan Habila yang dikatakan oleh Avienus, penulis sejarah kuno yang hidup pada abad IV.MySpace

Berdasarkan cerita Plato, Atlantis merupakan negara makmur yang bermandikan sinar matahari sepanjang waktu. Di sana tingkat peradabannya memukau, lahan pertanian yang subur, memiliki pelabuhan dan kapal dengan perlengkapan yang sempurna. Wilayah yang bermandikan matahari sepanjang waktu pastilah terletak di garis khatulistiwa dan Indonesia memiliki prasyarat akan seluruh kesamaan tersebut. Menurut Profesor Santos, persamaan-persamaan itu meskipun sulit dipercaya tapi juga sulit dikatakan terjadi secara kebetulan. Karena itu jelas Plato entah bagaimana caranya telah mendengar tradisi-tradisi kuno tentang laut-laut selatan yang berkaitan dengan Taprobane (Hindia Timur) dan kehancuran wilayah yang dulu bagai surga itu.

Atlantis yang digagas Plato boleh jadi hanya sebuah dongeng, tapi mungkin juga memang pernah benar-benar ada. Kalaupun itu dongeng, harus diakui karya Plato ini akan terus hidup sepanjang zaman. Atlantis sepertinya bakal terus menjadi bagian dari kebudayaan dunia.MySpace

Guru Bangsa Itu-pun Telah Pergi

Innalillahi wa Innalillahi Roji’un

Telah berpulang ke Rahmatullah, tokoh besar yang juga adalah presiden ke-4 Indonesia sekaligus guru bagi bangsa ini KH Abdurrahmad Wahid atau Gus Dur pada 30 Desember 2009 kemarin. Bangsa ini kembali kehilangan tokoh besar yang memiliki peran yang sangat penting bagi bangsa ini.

Gus Dur adalah salah seorang tokoh reformasi yang banyak meninggalkan kenangan sejarah bagi bangsa ini. Beliau dikenal sebagai tokoh pejuang pluralisme, banyak jasa yang telah Beliau berikan bagi bangsa ini. Meskipun Beliau dikenal juga sebagai tokoh yang memiliki ide dan bersikap kontroversial, tapi disamping itu semua masih jauh lebih banyak jasa yang telah diberikan kepada bangsa ini. Kebiasaan Beliau yang selalu menjalin tali silaturahmi yang baik kepada sesama adalah salah satu contoh yang patut dicontoh.

Gus Dur adalah putra dari KH Wahid Hasyim dan cucu dari pendiri organisasi terbesar Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy`ari. Sedangkan ibunya bernama Hj Sholehah, adalah putri pendiri Pesantren Denanyar Jombang, KH Bisri Syamsuri.

Semasa kecilnya Beliau dikenal sebagai anak yang sangat gemar membaca dan rajin memanfaatkan perpustakaan pribadi milik ayahnya. Disamping itu, Gus Dur juga dikenal sebagai orang yang sangat suka menonton sepak bola dan film, bahkan Beliau pernah diminta untuk menjadi komentator sepak bola dan pada tahun 1986-1987 menjadi ketua juri Festival Film Indonesia.

Semasa kepemimpinannya, Beliau dikenal sebagai presiden yang sangat peduli terhadap keberagaman agama,golongan dan warna kulit yang berada di Indonesia. Bahkan Beliau tak segan-segan untuk turun langsung menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan hal tersebut.

Kini guru bangsa itu pun telah pergi, Beliau telah menghadap Yang Maha Kuasa. Tak ada yang dapat disesali, semoga nilai-nilai baik yang telah dicontohkan oleh Beliau kepada kita semua dapat terus terjaga dan Beliau tetaplah guru bangsa ini yang menjadi panutan bagi banyak orang.

Selamat jalan Gus Dur, tidurlah dengan nyenyak. Semoga amal ibadah serta segala kebaikan-kebaikan yang telah kau lakukan dapat membawamu ke tempat yang layak di sana.

Dia Bohong gag Ya ??

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pagi guys..!!

Pernah gag temen-temen ngrasa orang yang diajak bicara itu berbohong, pasti pernah kan ya??Temen-temen tau dari mana kalo orang itu jujur apa bohong??apa ada buktinya??

Beberapa waktu yang lalu baca di sebuah situs yang isinya mengupas tentang bagaimana cara mambaca apakah orang yang sedang berbicara dengan kita itu jujur atau tidak. Jadi intinya, kan setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia pastinya dikendalikan oleh otak dan diteruskan ke beberapa organ tubuh lainnya, oleh sebab itu pastinya ada tanda-tanda walaupun sedikit yang tidak bisa membaca hal tersebut.

MATA..yup,,kita bisa membaca apakah seseorang sedang berbohong atau tidak dari gerak matanya ketika berbicara. Kita asumsikan mata kanan kita berhubungan langsung dengan otak sebelah kanan, dan mata kiri kita berhubungan langsung dengan otak sebelah kiri. Otak kanan berfungsi sebagai memori yang akan datang sedangkan otak kiri berfungsi sebagai memori yang telah lalu.

Jadi begini, ketika kita sedang berbicara dengan seseorang pastinya orang itu akan memberikan tanggapan atau jawaban dari suatu pertanyaan yang kita ajukan (kalo orang itu nanggep apa yang kita omongin ya..hehe.. MySpace).

Nah setiap setiap kali orang sedang berpikir menurut beberapa survey akan kecenderungan (trend) pergerakan bola mata, mata pasti akan bergerak entah ke kiri atau ke kanan. Di saat mata bergerak ke kiri atau ke kanan itulah kita bisa menduga apakah orang itu sedang jujur atau berbohong. Ada dua tipe pergerakan mata, creating dan remembering.

Tipe Creating

Ketika seseorang sedang berpikir maka mata akan bergerak ke arah kanan. Hal ini dikarenakan mereka sedang memikirkan hal-hal baru, sesuai dengan fungsi otak kanan yang berfungsi untuk menciptakan memori yang akan datang. Kesimpulannya orang itu “BERBOHONG” saat berbicara.

Untitled

Tipe Remembering

Ketika seseorang sedang berpikir maka mata akan bergerak ke arah kiri. Hal ini dikarenakan mereka sedang memikirkan hal-hal yang sudah terjadi sebelumnya, sesuai juga dengan fungsi otak kiri sebagai memori yang telah lau. Kesimpulannya orang itu “JUJUR” saat berbicara.

Untitled1

Well,,sebaiknya jangan suudzon terlebih dahulu kepada orang jika tidak ada buktinya..MySpace

Wallahu A’lam Bissawab

Nikmatnya Bersepeda..

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

waduh2 sudah lama banget ini blog gag keurus yah..hahaha..

maklumlah lagi sibuk2nya,,sebagai MABA (baca : Mahasiswa Baru) masih harus berkutat dengan tugas2 yang banyak entah dari dosen maupun senior di kampus..Nah sekarang di sela-sela waktu yang tidak begitu padat mau menyempatkan diri buat meluangkan waktu sedikit..

Apa kabar nih temen2 semua??baik2 kah kalian disana??

Gimana kabarnya temen2 MABA se-Indonesia??masih menikmati kan statusnya sebagai MABA??

Mau sedikit berbagi pengalaman ke temen2 semua,,terutama pengalaman hidup beberapa bulan di tempat baru (bukan di planet lain ya pastinya..:p ). Udah sekitar dua bulan lebih tinggal di Malang dan mungkin untuk kurun waktu empat tahun bakal menetap di sini buat menuntut ilmu, ada beberapa pengalaman yang mungkin pantas buat di-share ke agan2 sekalian <<kaskus mode : ON

Sebenarnya sudah lama sejak SMA ada keinginan buat menggunakan sepeda ke sekolah, tapi karena beberapa faktor (gag bisa boncengin “temen”, lingkungan yang kurang mendukung dan lainnya) akhirnya niat tersebut hanya sebatas niat. Begitu kuliah niat tersebut teringat kembali. Berhubung di Kota Malang (tempat kuliah sekarang) udaranya sangat mendukung, niat tersebut akhirnya terealisasikan.

Walaupun udara yang sangat mendukung untuk bersepeda di sini, namun ada saja hal-hal yang harus menjadi perhatian utama demi keselamatan. Mungkin karena memiliki watak yang keras atau apa, para pengendara di sini sangat ekstrim dalam mengendarai kendaraannya. Pernah memiliki pengalaman waktu baru seminggu tinggal di sini, lima menit berdiri terdiam di tengah jalan karena sulit untuk menyeberang. Akhirnya ada pengemudi baik hati yang memberi kesempatan untuk menyeberang.

Namun hal itu bukan masalah untuk tetap bersepeda. Sekarang sepeda sudah menjadi “teman hidup” karena selalu menemani kemana langkah ini menuju. Udara segar pagi hari masih dapat dihirup dengan bebasnya. Kayuhan demi kayuhan dilakoni setiap harinya untuk mencapai tempat tujuan. Memang bersepeda itu menyenangkan, jadi ingat kata-kata teman sewaktu di Jepang, “For student, riding bicycle is more popular than ¬†riding motorcycle here because of more safety and more fun..

Untungnya ada juga temen sekampus sesama goweser. Akhirnya bersama dia menjadi anggota komunitas pekerja bersepeda (baca : Bike to Work). Kalau dipikir-pikir banyak keuntungan dari nggowes setiap hari, mulai dari menyehatkan badan sampai dapat menghemat uang bulanan,,iya gag??MySpace

Tapi ada pertanyaan yang selalu muncul,,kenapa orang-orang di kota yang masih nyaman untuk bersepeda ini lebih memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor meskipun di hari libur??apa mereka gengsi untuk menggunakan sepeda pancal??

well,,lupakan itu semua..yang penting sekarang,,Lets ride ur bike..!! MySpace