Ayo Makan Tempe

Tempe??

Apa sih itu? kalo kata anak2 jaman sekarang alay banget ya kalo sampe gag tau apa itu tempe. Tempe adalah salah satu makanan yang memiliki bahan dasar kacang kedelai (soy bean). Sebenernya bukan cuma tempe yang berasal dari kacang kedelai, masih ada tahu, oncom sama ada juga susu kacang kedelai. Tapi yang kayaknya sudah menjadi ikon ya tempe ini.

Beberapa anak2 di jaman sekarang kalo misalnya melihat di meja makan dan cuma ada tempe pasti langsung protes kok lagi2 makannya pake tempe sih, emangnya gag ada yang lain apa. Seiring perkembangan jaman, semakin berkembang pula jenis2 makanan yang tersedia di pasaran untuk dikonsumsi. Ada yang sehat dan ada juga yang malah bikin sakit kalo dikonsumsi terlalu banyak. Kembali ke awal, padahal kalo aja kita tau manfaat dari tempe itu banyak banget. Tempe yang berbahan baku kedelai tentunya memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan kedelai itu sendiri. Kedelai mengandung Isoflavone yang dipercaya mampu menghambat perkembangan sel kanker. Salah satu kanker yang dapat dicegah adalah kanker prostat yang banyak diderita oleh para lelaki.MySpace

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Penyakit ini terjadi ketika sel prostat mengalami penyimpangan dan mulai berkembang di luar kendali. Seperti halnya penyakit kanker yang lain, sel tersebut dapat menyebar dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan limfa. Beberapa gejala yang diakibatkannya antara lain rasa sakit, kesulitan buang air kecil, hingga disfungsi erektil. Di samping faktor usia dan genetik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan adalah salah satu faktor utama penyebab insiden kanker prostat. Pria dengan kadar asam lemak omega 6 dan lemak trans yang tinggi lebih berisiko terserang kanker prostat. Sebaliknya, makanan yang kaya asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin D dan selenium bermanfaat untuk menurunkan risikonya.

Untuk mencegah penyakit ini salah satu bahan pangan yang paling efektif adalah yang berbahan baku kedelai. Penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Cancer Research menemukan bahwa kedelai terbukti dapat menghentikan penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh lain. Peneliti menemukan bahwa genistein, salah satu jenis isoflavone pada kedelai, mampu menurunkan penyebaran sel kanker ke paru-paru hingga 96 persen. The Louis Warschaw Prostate Cancer Center di California merekomendasikan konsumsi 35 hingga 40 g protein kedelai setiap hari.

Masih banyak lagi kandungan dari tempe, diantaranya adalah vitamin yang larut dalam air  seperti (vitamin B kompleks) dan larut lemak (vitamin A, D, E, dan K). Tempe juga merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Jenis vitamin B pada tempe yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niasin), vitamin B6 (piridoksin), dan B12 (sianokobalamin). Selain itu, tempe mengandung mineral makro dan mikro dalam jumlah yang cukup. Jumlah mineral besi, tembaga, dan zink berturut-turut adalah 9,39; 2,87; dan 8,05 mg setiap 100 g tempe. Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.MySpace

Nah sekarang sudah tau kan manfaat dari tempe dan makanan lain yang berbahan dasar kedelai. Jadi sekarang sudah saatnya untuk kita membanggakan makanan ini karena kaya akan manfaat.MySpace

3 responses to this post.

  1. wuaaa info yg menarik !! *jempoool*

    Reply

  2. anakku suka banget tempe sampai2 dia bilang mau jd juragan tempe…hehehe hai Satrio apakabar?

    Reply

  3. Posted by Satrio on November 14, 2011 at 6:41 am

    hai mbak udah lama gak ngeblog nih.alhamdulillah baik..
    wah kalo anaknya nanti jadi juragan tempe saya minta diskon ya..hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: